Sunday, June 03, 2012

Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe

detail berita
F : Daihatsu All New Sirion Deluxe (Aditya M/Okezone)

JAKARTA – Perkembangan city car di Indonesia terus signifikan, banyak pabrikan mobil yang memiliki varian mobil kota dan menjadi tulang punggung penjualannya di Tanah Air. Salah satunya Daihatsu yang memiliki All New Sirion sebagai andalannya.
 
Dalam test drive kali ini, Okezone diberi kesempatan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk menjajal performa dari All New Daihatsu Sirion Deluxe Automatic. Sirion Deluxe ini merupakan varian anyar Sirion yang memiliki tampilan yang jauh lebih sporty ketimbang versi sebelumnya.
 
Okezone langsung mencobanya dari jalanan Ibukota Jakarta ke Pantai Anyer, Cilegon, Banten. Dimulai masuk tol Merak dengan kontur jalan yang lurus, namun sedikit bergelombang karena aspal yang tambal sulam. Pergerakan velg 16 inci yang dibalut ban ukuran 195/50 ini terasa cukup stabil.
 
Sesekali pengemudi mencoba bermanuver dengan terus menginjak pedas gas. Kecepatan maksimal di jalan tol mampu mencapai kecepatan 140 km/jam. Untuk kategori mesin 1.3 liter DOHC VVTi dan memiliki dimensi panjang 3690mm, lebar 1665mm dan tinggi 1545mm Sirion Deluxe ini telihat ringkas, stabil dan lincah.
 
Kelincahan ini juga didungkung oleh kemudi yang sudah dibekali Electronic Power Steering (EPS) sehingga saat bermanuver dan berkelok-kelok, tidak ada kesan bodi yang membuang.
 
Saat berada di jalan yang bagus dan lurus, suspensinya masih nyaman. Namun, ketika pengendara memasuki jalan yang rusak setelah keluar tol Cilegon Barat menuju Pantai Anyer, suspensi terasa keras. Tapi ini terjadi karena pergantian ban dan velg yang lebih besar dari versi standarnya.
 
Suspensi depannya menggunakan MacPherson Struts dengan per keong dan stabilizer. Untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam dengan per keong. Sistem pengeremannya menggunakan cakram (disc) berventilasi dengan booster, learding dan training atau mekanis pada rem belakang.
 
Memasuki ke dalam kabin, mobil yang berkapasitas lima orang penumpang, dua di bagian depan dan tiga orang di bagian belakang ini juga lumayan lapang. Ini menjadikan nilai plus bagi Sirion jika dibandingkan dengan mobil city car lainnya.
 
Interiornya terlihat sporti karena dilengkapi dengan perangkat instalasi audio yang dapat menghibur pengemudi dan penumpang lainnya ketika berada di jalan. Selama di perjalanan yang kurang lebih menempuh jarak 135 km pengemudi dan penumpang disuguhkan dengan sistem audio yang dilengkapi konektivitas USB dan Bluetooth.
 
Suara yang dihasilkan oleh audionya cukup bagus dan tidak terasa hambar saat mencapai volumenya ke level 20. Namun, kabin dirasakan kurang senyap, karena suara dari luar yang masuk ke dalam kabin.
 
Dari segi tampilan eksterior, mobil yang dibanderol on the road Jakarta Rp149,5 juta untuk transmisi manual dan Rp160,5 juta untuk transmisi otomatis ini sudah tidak diragukan lagi. Sirion Deluxe ini sangat sporti dan menarik untuk dilirik. Penambahan kesan sporti itu terlihat dari foglamp yang beraksen hitam dan desain serta ukuran velg ban yang berbeda dengan varian standarnya.
 
Keberadaan spoiler bagian belakang membuat menampilkan Sirion lebih dinamis. Sementara kesan mewah semakin kuat berkat adanya ornamen krom pada kaca bagian belakang. Muffler cutter bergaya racing-nya, menambah kesan sporti pada Sirion Deluxe.
(zwr)

Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Gallery

Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe Bermain dengan Daihatsu All New Sirion Deluxe

0 comments:

Post a Comment