Friday, June 22, 2012

Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila


VIVAnews - Pertumbuhan sektor otomotif di Indonesia sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan China. Meski tengah terjadi kesuraman ekonomi global, penjualan mobil meningkat 17 persen dari 2010 hingga 2011, menjadi hampir 900.000 kendaraan baru, dan sebesar 11 persen year-on-year pada kuartal pertama 2012.

Sedangkan di China, salah satu negara dengan pertumbuhan ekomi terbaik, penjualan mobil hanya tumbuh  2,6 persen dari 2010 dan 2011.

Laman The Economist melaporkan, pembelian kendaraan di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara, setelah mengalahkan Thailand pada tahun lalu. Pada 2012, penduduk Indonesia membeli sepeda motor baru 8 juta unit dan tahun ini diperkirakan bisa 9 juta unit.

"Ini negara yang pertumbuhannya cepat, namun kendaraannya bergerak lambat," tulis laman itu. Maklum saja, khususnya di Jakarta, kemacetan kerap terjadi di mana-mana. "Meskipun menjengkelkan, ini adalah gejala booming."

Para produsen mobil pun ramai-ramai mengembangkan pabrik besar-besaran. Toyota melalui Daihatsu menyiapkan pabrik mobil murah di Karawang, General Motors di Bekasi, Honda mobil di Karawang, dan BMW di Sunter. Selain itu, Honda motor juga mengembangkan pabrik di Karawang.

Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Gallery

Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila Kalahkan China, Otomotif RI Tumbuh Menggila

0 comments:

Post a Comment