Thursday, July 26, 2012

BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual

detail berita
F: BMW i8 (daylife)

LONDON – BMW akhirnya memutuskan untuk menjual secara perdana dua varian mobil listrik terbarunya i8 dan i3. Pabrikan asal Jerman tersebut juga akan menggunakan penjualan dengan sistem online.
 
Selain melalui internet, BMW juga membuka showroom pertama yang didedikasikan buat varian i ini di London, Inggris. Hanya saja, model yang dipamerkan di showroom ini masih bersifat prototype, sementara model versi produksi baru ada tahun depan.
 
Keputusan BMW memproduksi mobil listrik i8 dan i3 memerlukan investasi besar. BMW menyuntik dana sebesar USD3 miliar buat pengembangan city car i3 dan supercar hybrid plug-in i8.
 
BMW melihat, penjualan mobil listrik terus meningkat tiap tahunnya. Ini membuka peluang buat i3 dan i8 bisa berkembang. Tahun lalu, sebanyak 43 ribu mobil listrik terjual di seluruh dunia.
 
Soal harga, BMW i3 rencananya akan dibanderol dengan harga 40 ribu Euro (Rp466 jutaan) di Jerman dan akan mulai dilepas 2013 mendatang. Sementara harga BMW i8 akan dilepas dengan harga 100 ribu Euro (Rp1,16 miliar) dan mulai dijual 2014.
 
Promosi BMW i8 sudah dilakukan sejak lama, dengan menampilkannya pada film Mission Impossible sekuel Ghost Protocol. Dalam film tersebut, BMW i8 dikendarai oleh agen MI Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise.
 
BMW i8 menggunakan kombinasi antara sistem elektrik milik BMW i3, dengan tenaga 96 kW (129 tenaga kuda). Motor listrik ini ditempatkan di sistem penggerak roda depan. Sementara sistem penggerak roda belakang menggunakan mesin bensin 1,5 liter turbocharged tiga silinder. Mesin mampu menyemburkan tenaga mencapai 164 kW (220 hp) dan torsi 300 N-m (220 lbf-ft).
 
BMW mengincar akselerasi mobil dari 0 sampai 100 km/jam sekitar lima detik. Mobil mampu berjalan dengan tenaga listrik sejauh 19 mil, dengan kecepatan tertinggi mencapai 155 mph atau 250 km/jam.
(zwr)

BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual Gallery

BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual BMW 'Mission Impossible' Mulai Dijual

0 comments:

Post a Comment