Tuesday, July 03, 2012

Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid

detail berita
F: Uji Toyota All New Camry HV (Septian P/Okezone)

JAKARTA – Toyota All New Camry HV 2,5 (Hybrid Vehicle), sudah dilansir Toyota Astra Motor (TAM) pada awal April lalu. TAM juga sudah mengajak Okezone untuk menguji kenyamanan dan kemewahan New Camry ini di Pulau Dewata beberapa waktu lalu. Namun, tawaran merasakan kembali nikmatnya naik Camry ini rasanya sulit untuk ditampik.  
Toyota Astra Motor kembali memberikan kesempatan kepada Okezone, buat merasa lebih intim dengan varian hibrida kedua yang dihadirkan TAM di Indonesia ini, setelah Toyota Prius. Alasan untuk merasakan New Camry HV ini lebih dikarenakan penasaran dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang bisa dihasilkan teknologi mesin Hybrid Synergy Drive. Tujuan lain tentu saja merasakan kemewahan yang ditawarkan mobil yang identik sebagai kendaraan favorit pejabat ini.
 
Okezone masih mengingat perbincangan singkat dengan General Manager Technical Service Division PT TAM, Dadi Handriadi beberapa waktu lalu mengenai teknologi Hybrid Synergy Drive ini. Dadi menjelaskan, perubahan mesin bensin ke mesin hibrida dilakukan dengan cara otomatis. New Camry 2,5 HV memiliki rasio kompresi 1:12. dan masih aman meminum bensin jenis Pertamax.
 
"Mudahnya begini, pengaturan perubahan mesin konvensional ke mesin hibrida sebenarnya otomatis. Mesin dengan dua motor listrik, disatukan sama komponen planetari gear. Cara kerjanya juga otomatis dan bisa dilihat di layar dashboard. Kisaran konsumsi bahan bakar mencapai satu liter 13 km," jelas Dadi Hendriadi kepada Okezone.
 
Penampilan New Camry HV ini tidak berbeda dengan versi mesin konvensional. Hanya grill depa yang sedikit lebih lebar, serta logo Toyota dengan warna dasar biru, sebagai ciri khas kendaraan hibrida. Ada juga logo Hybrid Synergy Drive.
 
Masuk ke dalam kabin cukup dengan menekan tombol buka pintu, spion langsung mengembang dan lampu sein berkedip satu kali tanda pintu sudah tidak terkunci. Hawa mewah langsung hinggap melihat interior New Camry ini. Jok lapis kulit dengan pengaturan otomatis. Cukup dengan sentuhan ringan, pengemudi bisa langsung mencari kenyamanan sendiri saat duduk di balik kemudi.
 
Dashboard lapis kulit dengan aksen kayu, begitu juga dengan batang kemudi dengan bahan kayu dan kulit. Kontrol audio juga disediakan di batang kemudi. Tuas transmisi otomatis dengan bahan kayu dan lapis kulit. Ada yang beda ada transmisi hybrid ini. Indikator P (parking), N (neutral), R (reverse), D (drive) dan B (brake). Penggunaan sistem transmisi Transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) pada Camry hybrid ini membuat tenaga mesin tidak bisa langsung turun. Pada kendala ini dibantu dengan tuas B, yang berfungsi mirip dengan engine brake.
 
New Camry sudah mengadopsi tombol start/stop, yang terletak di kanan bawah kemudi. Bagaimana cara menghidupkannya? Pertama yang harus dilakukan tentu saja menginjak pedal rem. Pada panel indicator akan muncul tanda kunci, yang artinya meminta untuk menekan tombol start. Cukup dengan sekali sentuh mesin akan menyala, dengan tanda lampu panel indikator menyala dan kemudi yang bergerak ke atas. Tapi jangan tertipu dengan suara mesin yang tidak terdengar sampai ke kabin.
 
“Suara mesin nyaris tidak terdengar. Saat mesin pertama kali menyala, yang mengaktifkan mesin adalah kinerja motor listrik. Jadi memang tanpa suara seperti mesin biasa. Mesin listrik ini akan terus akitif hingga kecepatan 20 km/jam, saat mesin terus berakselerasi maka akan otomatis pindah ke mesin bensin,” jelas Dadi Hendriadi menjawab pertanyaan mesin tanpa suara ini.
 
Camry hybrid 2,5 liter ini menggunakan mesin yang sama dengan Camry konvensional. Mesin segaris empat silinder 16 valve DOHC. Hanya bedanya, model hibrida menggunakan single VVT-i. Sedangkan Camry V dan G menggunakan dual VVT-i. Perbedaan lainnya ada di motor listrik, dimana baterai listriknya tersemat di bagian belakang dekat bagasi, yang letaknya tidak mengganggu kenyamanan kabin.
 
Kombinasi kedua mesin inilah menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin Camry lawas yang berkapasitas 3.500 cc. Kombinasi mesin bensin dan mesin hibrida menghasilkan tenaga mencapai 205 PS. Namun, efisiensi bahan bakar Camry hybrid ini lebih irit 24 persen, dengan tenaga lebih besar 10 persen dibanding mesin 3,5 liter.
 
Pada penggunaan berkendara dalam kota dengan situasi lalu-lintas padat, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan New Camry 2,5 HV ini mencapai kisaran 12,5 kilometer per satu liter bensin. Pada kondisi jalan bebas hambatan, dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, konsumsi bahan bakar yang bisa didapat 13,5 kilometer per liter.
 
Tapi jangan khawatir bila Anda penyuka cara berkendara irit BBM. New Camry juga menawarkan mode berkendara Eco. Tombol Eco Drive ada di konsol tengah bagian bawah. Dengan menekan tombol Eco, maka performa mobil akan dibatasi. Penggunaan AC juga akan diatur otomatis mengikuti mode Eco tersebut. Hasilnya sekitar 20 persen lebih irit, dengan pemakaian jalan bebas hambatan mencapai 20 kilometer per liter BBM.
(zwr)

Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Gallery

Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid Lebih Intim dengan Toyota All New Camry Hybrid

0 comments:

Post a Comment