Sunday, July 29, 2012

Mushika One Tantang Formula Student Jepang

detail berita
F: Mushika One (dok Mushika 2012)

BANDUNG – Tim Mushika Formula Insitut Teknologi Bandung (ITB) 2012, akan ambil bagian di ajang Formula Student di Jepang. Tim Mushika 2012 yang sudah terbentuk pada 2011 lalu ini diketuai oleh Tri Aghna Satriya dari Teknik Mesin ITB 2008.

Mushika sendiri adalah nama kendaraan Ganesha, simbol kebangaan Institut Teknologi Bandung, yang berupa tikus raksasa. Tujuan didirikannya tim ini adalah untuk menjadi sarana pendidikan di bidang automotif, melatih kemampuan bisnis, menumbuhkan kecintaan masyarakat Indonesia pada produk dalam negeri, serta mengembangkan teknologi automotif yang ramah lingkungan dan aman.

PT Astra Honda Motor (AHM) juga telah membantu proses pembuatan mobil Formula Mushika One. AHM menyumbangkan dua unit sepeda motor Honda CBR 250RR. Motor gunakan sebagai bahan pembelajaran di bidang mesin dan transmisi.

Pada September mendatang, Mushika 2012 akan ikut kejuaraan Formula Student yang diselenggarakan oleh Japan Society of Automotive Engineers (JSAE) di Jepang. ITB akan hadir dengan membangun mobil formula yang diberi nama Mushika One.

Konsep dari kompetisi ini adalah simulasi dari suatu perusahaan besar, yang mengontrak tim kecil untuk membuat sebuah mobil formula khusus untuk pembalap amatir. Perusahaan besar ini juga menetapkan beberapa ketentuan sesuai dengan standar mobil formula. Kemudian, menguji performa mobil.

Secara garis besar, penilaian dalam Formula Student ini dibagi menjadi dua, yaitu Static Event dan Dynamic Event.

Static Events akan diuji pengecekan spesifikasi kendaraan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan penyelenggara lomba. Mobil yang melewati tahap ini berhak mengikuti Dynamic Events.

Cost and Manufacture mengenai biaya pembuatan dan teknik manufaktur kendaraan juga dinilai. Nilai lebih akan diberikan pada tim dengan mobil yang keterbuatannya tinggi. Serta Presentasi tim kepada juri mengenai performa kendaraan dan kelayakannya untuk diproduksi massal.

Pengemukaan desain dan aplikasi teknologi mutakhir pada mobil melalui Dynamic Events. Uji akselerasi dengan penilaian berdasarkan waktu tempuh kendaraan di lintasan lurus sepanjang 75 meter. Uji skidpad dengan berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk melewati lintasan berupa angka delapan. Autocross dengan penilaian berdasarkan waktu tempuh kendaraan untuk melewati lintasan sepanjang satu kilometer dengan berbagai manuver yang harus dilakukan.

Endurance and Fuel Economy, akan dinilai berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk melewati trek autocross sebanyak 20 putaran. Selain itu, di event ini konsumsi bahan bakar rata-rata juga diperhitungkan.

Dengan mempertimbangkan rancangan yang telah kami buat tersebut, maka target yang diusung pada Formula Student 2012 adalah Best Rookie, Best Autocross, dan Best Skidpad.

Spesifikasi Mushika One
Wheel Base : 1.625 mm
Track Width: front = 1200 mm, rear= 1150 mm
Weight : 290 kg
Engine : Inline-4 600 cc, Honda CBR 600RR Supersport
Fuel system : Fuel Injection (ECU=Motec M1000)
Cooling system : Liquid Cooling
Suspension system : Unequal Double A-arm
(Front = Push Rod, Rear = Pull Rod)
Braking : Outboard Disk Brake
Body : Fiberglass
Frame : Mild Steel Tubular Space Frame
Tyre and Wheel : 13 inchi Rim, 20 inchi Tire
Differential : Custom Limited Slip Differential
Transmission : Manual with Chain Drive
Shifter : Mechanical Shifter
(zwr)

Mushika One Tantang Formula Student Jepang Gallery

Mushika One Tantang Formula Student Jepang Mushika One Tantang Formula Student Jepang Mushika One Tantang Formula Student Jepang Mushika One Tantang Formula Student Jepang Mushika One Tantang Formula Student Jepang Mushika One Tantang Formula Student Jepang Mushika One Tantang Formula Student Jepang

0 comments:

Post a Comment