Friday, August 03, 2012

Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan

detail berita
F: cek oli cukup dengan membuka deep stick (okezone)

JAKARTA – Lebaran terhitung kurang lebih dua pekan lagi, dan bagi Anda yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda empat, masih memiliki waktu untuk mengecek kondisi kendaraan. Tentunya, kita tidak ingin perjalanan mudik terganggu karena mobil bermasalah.

Langkah awal pencegahan kendaraan bermasalah, Anda harus terlebih dulu memeriksakan mobil kesayangan ke bengkel langganan, atau bengkel resmi. Ini berlaku wajib bagi pemilik kendaraan bekas maupun mobil masih dalam kondisi baru.

Paling penting dalam memeriksakan kondisi fisik kendaraan dimulai dari pelumas mesin. Memeriksakan oli sendiri sudah termasuk pemeriksaan reguler dalam service kendaraan. Peran oli memang sangat krusial sebagai pelumas mesin kendaraan.
 
“Kalau penggantian oli mesin atau oli gardan biasanya ada riwayatnya. Catatan riwayat ini menunjukan kapan terakhir mengganti oli dan kapan harus menggantinya lagi. Namun tidak ada salahnya mengecek kondisi oli tersebut, karena dikhawatirkan adanya kebocoran oli pada mesin,” jelas Eko Budiman mekanik bengkel di bilangan Serpong, beberapa waktu lalu.
 
Eko melanjutkan, oli mesin bisa di cek pada deep stick (alat pengukur oli). Dengan Deep stick bisa dilihat ketinggian oli dalam mesin dan juga melihat warnanya. Sedangkan pada oli gardan, bisa diperiksa dengan membuka baut pengisian. Bila oli masih keluar saat baut dibuka, maka kuantitas oli masih cukup. Dilihat juga warnanya, bila sudah berwarna abu-abu atau kehitaman, itu sudah waktunya diganti.
 
Oli atau pelumas mesin kendaraan adalah elemen penting yang tidak bisa ditawar-tawar. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan panjang, jangan berpikir dua kali, segera periksa dan ganti oli kendaraan Anda bila sudah waktunya.
(zwr)

Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Gallery

Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan Periksa Oli Kendaraan Secara Keseluruhan

0 comments:

Post a Comment