Friday, August 03, 2012

Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang

detail berita
F: Mudik sepeda motor (Septian P/Okezone)

JAKARTA - Mudik menggunakan sepeda motor sudah menjadi tren. Sepeda motor dinilai lebih praktis, hemat dan cepat. Padahal dari segi angka kecelakaan, pemudik sepeda motor paling sering terjadi.
 
Tidak sedikit pemudik dengan sepeda motor ini mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang telah ditentukan pabrikan. Sepeda motor diciptakan hanya untuk menampung dua orang. Pengemudi dan penumpang.
 
Pada kenyataannya, banyak pemudik yang nekat melanggarnya. Selain membawa satu penumpang ditambah lagi dengan penumpang anak-anak yang jumlahnya satu hingga dua orang. Ini tentunya membuat peluang kecelakaan akan semakin tinggi, karena motor lebih sulit untuk dikendalikan.
 
“Karena melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman, sebaiknya jangan membawa barang bawaan yang terlalu berlebihan, serta penumpang dalam satu motor maksimal hanya dua orang,” papar PR & Corporate Communication Head PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Indra Dwi Sunda, kepada Okezone.
 
Lebih lanjut Indra memaparkan, jangan membawa barang bawaan yang terlalu berlebihan dan melebihi kapasitas motor. Usahakan hanya dua penumpang, dan bawalah barang bawaan sesuai dengan kebutuhan.
 
"Jangan lupa untuk menyimpan nomor telepon penting sepanjang perjalanan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan," ujarnya.
 
Mengenai kondisi pengendara, sebaiknya setiap dua jam sekali dianjurkan untuk beristirahat kurang lebih satu jam. Karena berkendara dengan sepeda motor membuat cepat merasa lelah dan mengantuk.
 
Sementara itu, dr. Cindiawaty Pudjiadi MARS, MS, SPGK, Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Medistra memaparkan, selain harus beristirahat setiap dua jam sekali selama perjalanan anda juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi agar badan anda terasa fit terus selama mengemudi, dan jangan lupa mengkonsumsi vitamin.
(zwr)

Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Gallery

Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang Mudik Pakai Motor, Jangan Lebih dari Dua Penumpang

0 comments:

Post a Comment